PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD NEGERI 51 PERUMNAS KURANJI KOTA PADANG

Sindya, Claudya and Risa, Yulisna (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD NEGERI 51 PERUMNAS KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i cover- daftar isi.pdf

Download (469kB)
[img] Text
ii. BAB pendahuluan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
iii. kesimpulan- daftar pustaka.pdf

Download (156kB)
[img] Text
REVISIAN SKRIPSI SINDYA (6) CLAUDYA SINDYA (1) jilid sindya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD NEGERI 51 PERUMNAS KURANJI KOTA PADANG. Sindya1, Risa Yulisna1, 1Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: sindyaclaudya06@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dari 26 peserta didik kelas IV tidak ada satu pun yang mencapai Kriteria Ketuntasan Capaian Unggulan (KKCU) sebesar 80 pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 51 Perumnas Kuranji Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Number Head Together (NHT) di kelas IV SD Negeri 51 Perumnas Kuranji Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hasil belajar menurut Sinar (2018:20), dan teori menggunakan model Number Head Together (NHT) menurut Shoimin (2016:107). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, di mana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu penelitian perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian adalah guru sebagai observer, peneliti selaku praktisi dan peserta didik kelas IV sebanyak 26 orang yang terdiri dari 16 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Pada pelaksanaan penelitian terjadi peningkatakan aktivitas guru siklus I pertemuan I persentase sebanyak 89% meningkat pada pertemuan II menjadi 91% dengan rata-rata pertemuan I dan II sebanyak 90. Pada siklus II pertemuan I persentase sebanyak 95% meningkat pada pertemuan II menjadi 98% dengan rata-rata pertemuan I dan II sebanyak 96,5. Adapun persentase aktivitas siswa siklus I pertemuan I 73% meningkat pada pertemuan II menjadi 86% dengan rata-rata 79,5. Pada siklus II pertemuan I persentase 92% meningkat pada pertemuan II menadi 98% dengan rata-rata 95. Berdasarkan analisis data, hasil yang didapatkan pada siklus I dan siklus II Hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I dengan perolehan rata-rata 77,30 dengan persentase 73,07%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata kelas 89,61 dengan persentase 92,30%. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SD Negeri 51 Perumnas Kuranji Kota Padang. Kata kunci: model number head together (NHT), hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:25
Last Modified: 10 Mar 2023 05:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12356

Actions (login required)

View Item View Item