PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI SDN 24 ALAHAN PANJANG KABUPATEN SOLOK

Silfina Rahmayuni, Silfina and Siska Angreni, Siska (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI SDN 24 ALAHAN PANJANG KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI SILFINA.pdf

Download (531kB)
[img] Text
PENDAHULUAN SILFINA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN SILFINA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
skripsi full text silfina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V A di SDN 24 Alahan Panjang dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari II kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A yang berjumlah 19 orang. Adapun data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh melalui pengamatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa serta tes akhir pembelajaran. Pada pelaksanaan penelitian diperoleh hasil terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I 55,29% dengan kategori cukup menjadi 81,17% di siklus II dengan kategori baik sekali. Adapun hasil belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 73,68% yang tuntas dengan rata-rata nilai 75,52 menjadi 94,73% siswa yang tuntas dengan rata-rata 93,89 di siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media video dalam pembelajaran IPA dengan baik dan sesuai dengan materi yang di ajarkan. Kata kuci : Pembelajaran IPA, model CTL, aktivitas belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:27
Last Modified: 10 Mar 2023 05:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12357

Actions (login required)

View Item View Item