PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD N 05 SAWAHAN

febbi, angellia and Arlina, Yuza (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD N 05 SAWAHAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
file 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (664kB)
[img] Text
file 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SDN 05 SAWAHAN Febbi Angellia1 , Arlina Yuza1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : angeliafeby01@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis problem based learning pada materi FPB dan KPK kelas IV SDN 05 Sawahan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa, desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, dinyatakan termasuk kriteria sangat valid dengan rata-rata validasi adalah 3,59 dari aspek materi 3,37 aspek bahasa 3,8 dan aspek media 3,6. Selanjutnya, praktikalitas modul berbasis problem based learning pada materi FPB dan KPK yang diperoleh dengan rata-rata 92,76% dengan kriteria sangat praktis. Dari guru 93,75% dengan kriteria sangat praktis dan aspek siswa 91,77% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis problem based learning pada materi FPB dan KPK memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis. Dengan demikian modul berbasis problem based learning diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui tata cara dalam penggunaan modul yang baik dan berkualitas. Kata Kunci : Pengembangan modul, Problem Based Learning, pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:29
Last Modified: 10 Mar 2023 05:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item View Item