Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Soal Nilai Mutlak melalui Asimilasi dan Akomodasi Di MAN kota solok

Hanita, Dian Lestari and Khairudin, Khairudin (2023) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Soal Nilai Mutlak melalui Asimilasi dan Akomodasi Di MAN kota solok. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Fulltext (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa kelas X MIA 1 MAN Kota Solok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Selain itu hasil dari ulangan harian siswa masih banyak kurang dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik bentuk kesulitan siswa dalam memecahkan soal nilai mutlak dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesulitan siswa dalam memecahkan soal nilai mutlak melalui asimilasi dan akomodasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitiannya berupa peneliti sebagai instrumen utama, soal tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa yang di pilih dari 31 orang siswa kelas X MIA 1. Berdasarkan analasis data maka diperoleh kesimpulan yaitu Kesulitan tipe 1, ditemukan ketika siswa mengalami proses asimilasi, namun struktur berpikirnya belum sesuai dengan struktur masalah siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep pertidaksamaan nilai mutlak ke dalam soal, memaknai tujuan pembuatan garis bilangan, menyelesaikan operasi hitung aljabar dan kesulitan membuktikan bahwa jawaban yang dibuat adalah benar. Kesulitan tipe 2, ditemukan ketika siswa mengalami proses akomodasi, namun struktur berpikirnya masih belum sesuai dengan struktur masalah yaitu pada tahap memahami masalah, siswa mengalami kesulitan mengidentifikasi konsep pertidaksamaan nilai mutlak, kesulitan mengidentifikasi apa yang diketahui pada soal, memahami dan mengingat makna pertidaksamaan nilai mutlak, dan mengalami kesulitan memahami sifat pertidaksamaan dalam matematika. Kesulitan sesaat yang ditemukan ketika siswa mengalami akomodasi, dan berhasil membuat struktur berpikirnya sesuai dengan struktur masalah siswa mengalami kesulitan mengenal istilah dalam matematika, mengidentifikasi apa yang diketahui pada soal dan mengalami kesulitan dalam menguatkan konsep kedalam struktur berpikirnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:53
Last Modified: 10 Mar 2023 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item