Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture di SDN 040/XI Desa Koto Limau Manis Kota Sungai Penuh Jambi

Ningsih, Yetri and Azkiya, Hidayati (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture di SDN 040/XI Desa Koto Limau Manis Kota Sungai Penuh Jambi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover yetri (pdf.io).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Bab 1-5-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
skripsi yetri ningsih 19-210 (pdf.io).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SDN 040/Xl DESA KOTO LIMAU MANIS KOTA SUNGAI PENUH JAMBI Yetri Ningsih1 , Hidayati Azkiya S.Pd., M.Pd.1 Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: yetriningsih01@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Picture And Picture. Instrument pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi memahami isi dongeng siswa. Penulis ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini terdiri dua siklus dan pada setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 04O/XI Desa Koto Limau Manis yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata persentase memahami isi dongeng siswa pada siklus I 62,00%, sedangkan pada siklus II 81,50%. Rata-rata hasil tes belajar siklus I adalah 72,8% dan siklus II adalah 86,00%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan memahami siswa kelas II di SDN 040/XI Desa Koto Limau Manis Kota Sungai Penuh Jambi. Kata kunci: membaca, pembelajaran Bahasa Indonesia, model pembelajaran picture and picture

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:17
Last Modified: 10 Mar 2023 07:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12383

Actions (login required)

View Item View Item