PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG

Emilia, Putri and Hidayati, Azkiya (2023) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER EMI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
ABSTRAK EMI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
lembar pernyataan, pengesahan,pernyataan.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB I EMI OKE.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V EMI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI EMILIA PUTRI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang. Jenis penilitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SD Islam Khaira Ummah yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, angket minat siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada lembar aktivitas guru pada siklus I dan II diperoleh persentase 100% .Peningkatan minat kelas III dilihat dari kesenangan, ketertarikan, perhatian, dan sadar akan manfaat pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan model Problem Based Learning di SD Islam Khaira Ummah mengalami peningkatan pada siklus II, didapatkan persentase 90%. Hal ini sudah dikatakan meningkat dibandingkan dengan analisis angket minat belajar siswa pada siklus 1 yaitu 65,31%. Berarti meningkat dengan persentase sebesar 24,69%. Peningkatan hasil belajar siswa kelas III. pada siklus I sebesar 76,78%, dikarnakan penyajian materi dan siswa membaca ters terlalu lama sedangkan waktu mengerjakan soal sediki. Sehingga siswa terburu-buru mengerjakan soal sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 89,46%, dikarnakan penyajian materi sudah sesuai dengan rencana. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:03
Last Modified: 10 Mar 2023 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item