PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DI KELAS V-B SDN 28 KORONG GADANG

SELY AYU, LESTARI and Erman, Har (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DI KELAS V-B SDN 28 KORONG GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN, ABSTRAK,DAFTAR ISI,PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN,SARAN,DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Improve di kelas V-B SDN 28 Korong Gadang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan II siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B yang berjumlah 21 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 72,5% sedangkan pada siklus II 87,5%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,9% dengan nilai rata-rata 74,16%, meningkat pada siklus II menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 84,28%. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Improve telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-B SDN 28 Korong Gadang. Dari hasil yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model Improve dapat menjadi salah satu alternative untuk menciptakan suasana pembelajaran yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:58
Last Modified: 10 Mar 2023 08:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12399

Actions (login required)

View Item View Item