PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Roha Datul, Rana Aqilah and Yulfia, Nora (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text
ii BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text
iii FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPS berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kelas V SDN Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Sebagai penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development), instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket yang terdiri dari angket validasi aspek materi, bahasa, dan desain, serta angket praktikalitas untuk guru dan siswa.Validitas dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 21 siswa kelas V SD. Berdasarkan validasi modul oleh validator pada masing-masing aspek diperoleh nilai yaitu aspek materi 95,62%, aspek bahasa 97,22%, dan aspek desain 86,82%, dengan total 93,12%. Sementara itu, nilai praktikalitas oleh guru adalah 96,66% dan nilai praktikalitas oleh siswa adalah 90,52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul IPS berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kelas V sekolah dasar telah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan, Modul , Contextual Teaching and Learning, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:55
Last Modified: 10 Mar 2023 08:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item