Roha Datul, Rana Aqilah and Yulfia, Nora (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
i COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf Download (716kB) |
|
Text
ii BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
Text
iii FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPS berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kelas V SDN Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Sebagai penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development), instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket yang terdiri dari angket validasi aspek materi, bahasa, dan desain, serta angket praktikalitas untuk guru dan siswa.Validitas dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 21 siswa kelas V SD. Berdasarkan validasi modul oleh validator pada masing-masing aspek diperoleh nilai yaitu aspek materi 95,62%, aspek bahasa 97,22%, dan aspek desain 86,82%, dengan total 93,12%. Sementara itu, nilai praktikalitas oleh guru adalah 96,66% dan nilai praktikalitas oleh siswa adalah 90,52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul IPS berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kelas V sekolah dasar telah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan, Modul , Contextual Teaching and Learning, IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 08:55 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 08:55 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12406 |
Actions (login required)
View Item |