PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 09 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

ella, santia and Wirnita, Wirnita (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 09 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Upload 1 els 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Upload 2 els 2.pdf

Download (106kB)
[img] Text
upload 3 els 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 09 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT Ella Santia1, Wirnita1, 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: ellasantia21@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis ringkasan isi cerita siswa di kelas V SD Negeri 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis ringkasan isi cerita pada media cetak melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan mendeskripsikan sejauh mana peningkatan nilai hasil belajar keterampilan menulis ringkasan isi cerita pada media cetak melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikemukakan oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan menulis siswa, lembar aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan menulis ringkasan siswa pada siklus I sebesar 34,61% dengan rata-rata hasil belajar 68 dimana peneliti belum melaksanakan pembelajaran secara maksimal dan belum mencapai indikator keberhasilan, dan meningkat pada siklus II sebesar 77% dengan rata-rata hasil belajar 79,23 dimana siswa mengalami perubahan cara belajar dengan menggunakan model PBL siswa dapat menunjukkan kemampuannya dalam menulis ringkasan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membuat ringkasan dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SD Negeri 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Model Problem Based Learning (PBL), Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:17
Last Modified: 10 Mar 2023 09:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12419

Actions (login required)

View Item View Item