PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG

Lestari, Wina and Wirnita, Eska (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER SAMPAI BAB PENDAHULUAN WINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA WINA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
FULL TEKSSKRIPSI WUNA LESTARI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam belajar dikarenakan siswa masih kurang aktif dalam proses belajar, sertra masih takut, malu, dan ragu untuk mengungkapkan pendapat sehingga berdampak pada hasil belajar siswa kelas V. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan proses peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Teori ini dijadikan acuan pada pendapat yang dikemukakan oleh Dalman dan Tarigan, model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC menggunakan pendapat Huda (2014). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada pertemuan kedua setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar obseervasi aktivitass guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh keterampilan membaca pemahaman siswa meliputi, membaca pemahaman siswa dalam kegiatan menjawab pertanyaan, dan dalam kegiatan menentukan ide pokok, sedangkan nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 72,30 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,3. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemhaman siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:10
Last Modified: 13 Mar 2023 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

View Item View Item