PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV MELALUI METODE READING GUIDE DI SD NEGERI 38 LUBUK BUAYA KECEMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Anggun, Eryna and Rio, Rinaldi (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV MELALUI METODE READING GUIDE DI SD NEGERI 38 LUBUK BUAYA KECEMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover Anggun Eryna PGSD FKIP.pdf

Download (968kB)
[img] Text
pendahuluan anggun eryana pgsd fkip.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI ANGGUN ERYNA.docx OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dan hasil observasi dan wawancara penulis tentang rendahnya keterampilan membaca siswa dan guru belum menggunakan Metode Reading Guide di SD Negeri 38 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan dan nilai hasil belajar Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV Melalui Metode Reading Guide di SD Negeri 38 Lubuk Buaya Kecamtan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru kelasnya sendiri dengan Menyusun, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi Tindakan melalui siklus secara kolaboratif dan partisipasi yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pemebelajaran dikelasnya. Subjek penelitian dikelas IV sebanyak 27 siswa, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan dalam satu siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I keterampilan membaca siswa memperoleh nilai rata 65 atau 9 siswa dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84 atau 22 siswa dengan kategori baik. Hal ini menunjukan dari siklus I sampai II rata-rata keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reading guide dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:17
Last Modified: 13 Mar 2023 02:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12460

Actions (login required)

View Item View Item