PERBAIKAN POSTUR KERJA OPERATOR STASIUN SAMPLING POINT DENGAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DI PT. WILMAR NABATI INDONESIA

Kasefry, Suardi and Dessi, Mufti (2023) PERBAIKAN POSTUR KERJA OPERATOR STASIUN SAMPLING POINT DENGAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DI PT. WILMAR NABATI INDONESIA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
File 1 Kasefry Suardi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 Kasefry Suardi.pdf

Download (333kB)
[img] Text
File 3 Kasefry Suardi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Human engineering atau ergonomi harus diterapkan dalam berbagai proses dan operasi kerja sehari-hari. PT Wilmar Nabati Indonesia merupakan pabrik yang menghasilkan produk utama berupa minyak olein & stearin pada salah satu proses terdapat stasiun pembongkaran dan stasiun pengambilan sampel (Sampling Point), Pada stasiun ini ditemukan risiko kerja pada pekerja pekerjaan pada proses pembukaaan tutup tangki manhole mobil yang terdapat minyak terjadi kegiatan yang berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu dan terdapat peregangan otot karena aktivitas memutar tutup tangki manhole yang merupakan benda berat menyebabkan terjadinya Musculosketal disorder (MSDs). Tujuan dari penelitian ini adalah identifikasi penilaian postur kerja dengan kondisi existing pada stasiun sampling point dan perbaikan postur kerja. Metoda yang digunakan pada penelitian ini adalah penilaian postur kerja menggunakan Rapid Entire Body Assessment (REBA) melalui wawancara melalui kuesioner Nordic Body Map (NBM) dan pengambilan foto. Hasil Penelitian menunjukan penilaian existing dan REBA dengan score existing 8 berisiko tinggi dan segera dilakukan perbaikan, dengan hasil penilaian didesain alat bantu agar mengurangi risiko cedera dengan konseptual. Kemudian dilakukan penilaian setelah menggunakan alat bantu menggunakan REBA dan memperoleh score 2 yang berarti mengurangi tingkat kelelahan pada operator sehingga mengurangi terjadinya kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:04
Last Modified: 13 Mar 2023 02:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12492

Actions (login required)

View Item View Item