PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SDN 28 KORONG GADANG KOTA PADANG

Ning Putri, Yulita and M., Tamrin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SDN 28 KORONG GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (176kB)
[img] Text
FILE 3.pdf

Download (166kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI NING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendanya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDN 28 Korong Gadang Padang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 28 Korong Gadang Padang dengan menggunakan model Picture and Picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan II siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 27 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan diskusi siswa dan lembar tes hasil belajar. Persentase kemampuan diskusi siswa pada siklus I adalah 48,1%, meningkat pada siklus II yaitu 79,5%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55% dengan nilai rata-rata 79, sedangkan pada siklus II adalah 88 % dengan nilai rata-rata 89. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan dapat meningkatkan hasil afektif kemampuan diskusi siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Picture and Picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:34
Last Modified: 13 Mar 2023 03:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item View Item