Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang

Ghea, Aina Khairunisa and Gusnetti, Gusnetti (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
SKIRIPSI GHEA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, sehingga kurang termotivasinya siswa dalam belajar. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring melalui media cerita bergambar pada siswa kelas I SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca nyaring yang dikemukakan oleh Julia Ismail (2019), dan media cerita bergambar dikemukakan oleh Lailatul Masruro & Ganes Gunansyah (2018). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang yang berjumlah 25 orang. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian membaca nyaring siswa. Untuk penilaian lembar observasi guru pada siklus I yaitu 73,87% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 89,78%. Lembar observasi siswa pada siklus I yaitu 70,84% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 84,73%. Ketuntasan hasil belajar kemampuan membaca nyaring siswa pada siklus I dan II, diperoleh presentase kemampuan membaca nyaring siswa pada siklus I sebesar 52% dengan rata-rata hasil belajar 77,24 dan meningkat pada siklus II sebesar 92% dengan rata-rata hasil belajar 82,96. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca nyaring dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas IB SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang. Kata kunci: kemampuan membaca nyaring, media cerita bergambar, bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:12
Last Modified: 13 Mar 2023 06:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item View Item