PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SDN 51 KURANJI PADANG

Arifa, Azhari and Hidayati, Azkiya (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SDN 51 KURANJI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
KESIMPULAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
FULL Skripsi incim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SDN 51 KURANJI PADANG 〖Arifa Azhari〗^1, 〖Hidayati Azkiya〗^2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: arifaazhari956@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VA SDN 51 Kuranji Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab di dalam kelas, sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam aspek kognitif (pengetahuan dan pemahaman) dan aspek afektif (menyatakan pendapat). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ) hal ini sejalan dengan pendapat Arikunto bahwa penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan menggunakan tujuan memperbaiki mutu proses pembelajran di kelasnya. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 51 Kuranji Kota Padang yang berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan lembar tes akhir siklus. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 80,5% hal ini disebabkan pada proses pelaksanaan pembelajaran siswa belum terfokus pada pembelajaran dan terdapat kekurangan pada perencaan pembelajaran sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 85% karna pada proses pembelajaran siswa sudah fokus dalam pembelajaran dan perencanan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di SDN 51 Kuranji Kota Padang. Kata kunci : peningkatan membaca pemahan, model kooperatif tipe jigsaw, bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:17
Last Modified: 13 Mar 2023 06:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item