PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V (Studi Eksperimen di SD Negeri 02 Indarung Padang)

Adinda, Vermata Sari and Tamrin, Tamrin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V (Studi Eksperimen di SD Negeri 02 Indarung Padang). Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
file 1 fix.pdf

Download (860kB)
[img] Text
file 2 fix.pdf

Download (193kB)
[img] Text
file 3 fix.pdf

Download (155kB)
[img] Text
file 4 fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V (Studi Eksperimen di SD Negeri 02 Indarung Padang). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar PKn adalah tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas V SD Negeri 02 Indarung sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 07 Indarung sebagai kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar setelah diberikan perlakuan didapatkan rata-rata nilai tes siswa kelas eksperimen 85,64 dan siswa kelas kontrol 77,92. Pengujian hipotesis dengan menggunakan aplikasi spss dimana nilai signifikansi (2-tailed) pada Equal variances assumed 0,009, jadi nilai 0,009 < 0.05 yang dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:28
Last Modified: 13 Mar 2023 08:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item