PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SRIKATON KABUPATEN MUSIRAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN

irfan, fitriyono and Wirnita, Eska and Darwianis, Darwianis (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SRIKATON KABUPATEN MUSIRAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (699kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (170kB)
[img] Text
FILE 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SRIKATON KABUPATEN MUSIRAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN Irfan Fitriyono1, Wirnita2, Darwianis3 1,2,3 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: Irfanfitriyono1998@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan validitas, praktis, dan efektivitas dari modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis inkuiri pada tema 9 materi wawancara untuk siswa kelas IV SDN 5 Srikaton Kabupaten Musirawas yang dikembangkan. Jenis penelitian ini didesain dengan menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), yang terdiri dari: 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan desseminate, yaitu penganalisisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun karena keterbatasan kemampuan, maka dalam penelitian ini penulisanya sampai pada fase ketiga. Untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran, dilakukan uji validasi dan uji praktikalitas. Uji validasi terdiri dari 3 orang ahli, yaitu ahli bahasa, ahli desain, dan ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan oleh dan 15 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan modul pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan ahli bahasa dikategorikan “sangat valid” yaitu 92,5; ahli materi dikategorikan “Valid” yaitu 64,1; sedangkan ahli desain pembelajaran “valid” yaitu 75. Kepraktisan media pembelajaran menununjukkan hasil kepraktisan 92,5% yang ditentukan berdasarkan hasil perhitungan angket respon guru, sedangkan untuk respon siswa sebesar 86,7% terhadap modul pembelajaran berbasis inkuiri, sehingga modul pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan dapat dikategorikan “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tes diketahui siswa berada dalam kategori tuntas, yaitu sebesar 86,7%. Kata kunci: Bahasa Indonesia, Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:26
Last Modified: 13 Mar 2023 08:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item