PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI PENERAPAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG

Fenti Aprilia, Thalia and Isnanda, Romi (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI PENERAPAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN TEKS EKSPLANASI MELALUI PENERAPAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG.

[img] Text
file 2.pdf

Download (169kB)
[img] Text
file 1.pdf

Download (756kB)
[img] Text
file 3.pdf

Download (85kB)
[img] Text
skripsi fenti full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SDN 06 Kampung Lapai kota Padang. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan peneliti menggunakan model mind mapping. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilam menulis ringkasan pada teks ekplanasi melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN 06 Kampung Lapai kota Padang. Motode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing�masig siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 06 Kampung Lapai kota Padang yang berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siklus I pertemuan I lembar observasi guru diperoleh 60% dan lembar observasi siswa diperoleh persentase 58%. Pada pertemuan II lembar observasi guru diperoleh persentase 70% dan lembar observasi siswa 63%. Pada siklus II pertemuan I lembar observasi guru memperoleh persentase 80% dan lembar observasi siswa memperoleh persentase 79%. Pada siklus II pertemuan II lembar observasi guru diperoleh persentase 85% dan lembar observasi siswa memperoleh persentase 83%. pada siklus I Peningkatan ketuntasan hasil belajar menulis ringkasan siswa meningkat dari silus I ke siklus II Keterampilan menulis ringkasan siswa pada siklus I persentasenya 43% dengan rata-rata belajar siswa 64, pada siklus II persentasenya 77,5% dengan rata-rata 78. Hal ini berarti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model mind mapping dapat meningkatan keterampilan menulis ringkasan di SDN 06 Kampung Lapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat digunakan untuk menigkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Kata kunci : Keterampilan Menulis Ringkasan, Teks Eksplanasi, Model Mind Mapping

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:26
Last Modified: 14 Mar 2023 07:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12671

Actions (login required)

View Item View Item