PENGARUH MODELPEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 52 PARUPUK TABING KOTA PADANG

Addinul, Ikhsan and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2018) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 52 PARUPUK TABING KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab v-dp.pdf

Download (238kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenerapan model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian “True Experimental Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 52 Parupuk Tabing yang berjumlah 52 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B yang cara pengambilan sampelnya menggunakan Simple Random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian uji statistik. Hasil penelitian pada tes hasil belajar IPS siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar IPS pada kelas eksperimen yaitu sebesar 75,2 dan pada kelas kontrol yaitu 64,4. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 4,53 dan nilai ttabel sebesar 2,01 pada taraf nyata signifikan 0,975. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning. Kata Kunci: Circuit Learning, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 May 2023 00:22
Last Modified: 19 May 2023 00:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item