Andre, Darlis and Muhammad, Sahnan and Darwianis, Darwianis (2018) PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SDN 11 PUDUNG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (981kB) |
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (176kB) |
|
Text
FULL ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 11 Pudung Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 11 Pudung Kabupaten Agam yang berjumlah 48 siswa. Dalam penelitian ini didapatkan kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Tes akhir menunjukkan nilai rata-rata IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble adalah sebesar 81,3 untuk kelas eksperimen dan 69,4 untuk kelas kontrol. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperoleh thitung = 2,20 dan ttabel= 2,014, atau dengan kata lain thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 11 Pudung Kabupaten Agam yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scramble lebih baik daripada hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 19 May 2023 00:38 |
Last Modified: | 19 May 2023 00:38 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13618 |
Actions (login required)
View Item |