PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SDN 11 PUDUNG KABUPATEN AGAM

Andre, Darlis and Muhammad, Sahnan and Darwianis, Darwianis (2018) PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SDN 11 PUDUNG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (176kB)
[img] Text
FULL ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 11 Pudung Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 11 Pudung Kabupaten Agam yang berjumlah 48 siswa. Dalam penelitian ini didapatkan kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Tes akhir menunjukkan nilai rata-rata IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble adalah sebesar 81,3 untuk kelas eksperimen dan 69,4 untuk kelas kontrol. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperoleh thitung = 2,20 dan ttabel= 2,014, atau dengan kata lain thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 11 Pudung Kabupaten Agam yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scramble lebih baik daripada hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 May 2023 00:38
Last Modified: 19 May 2023 00:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item