PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 06 CINDAKIR BUNGUS PADANG

Aprilia, Yosa and MARSIS, MARSIS and Ira, Rahmayuni Jusar (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 06 CINDAKIR BUNGUS PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (201kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 06 CINDAKIR BUNGUS PADANG Aprilia Yosa1, Marsis2, Ira Rahmayuni Jusar1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : apriliayosa289@yahoo.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia antara penerapan model Quantum Teaching dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 06 Cindakir Bungus Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh. Kelas eksperimen yaitu kelas IV A sedangkan kelas kontrol yaitu kelas IV B. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar 84,4 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 66,1 dan hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung dibandingkan dengan ttabel pada taraf α = 0,975 diperoleh ttabel = 2.032 dan thitung = 2,956. Hal ini berarti thitung> ttabel dimana 2,596 >2,032 dengan demikian H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching memberi pengaruh belajar siswa kelas IV SD Negeri 06 Cindakir Bungus Padang. Untuk itu disarankan kepada guru kelas saat belajar Bahasa Indonesia agar menerapkan model Quantum Teaching dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Model Quantum Teaching, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 May 2023 00:50
Last Modified: 19 May 2023 00:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item