PENGARUH MODEL GUIDED TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 05 JARUAI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG

Cici, Fitri Nengsih and Marsis, Marsis and Hidayat, Dayat (2018) PENGARUH MODEL GUIDED TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 05 JARUAI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (121kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Padang. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar Bahasa Indonesia yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Guided Teaching dengan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar Bahasa Indonesia yang pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori : (1) Model pembelajaran Guided Teaching yang dikemukakan oleh Suprijono (2009), (2) Teori belajar dan pembelajaran yang dikemukakan oleh Susanto (2013). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 05 Jaruai yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IIIA dan IIIB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Teknik Total Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 82,73 dan pada kelas kontrol 72,38, dari hasil analisis data statistik yang telah dilakukan diperoleh t hitung (2,264) > t tabel (2,019), maka hipotesis diterima. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Guided Teaching terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Untuk itu disarankan kepada guru kelas saat belajar Bahasa Indonesia agar dapat menerapkan model Guided Teachingdalam proses Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 May 2023 01:27
Last Modified: 19 May 2023 01:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item