PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 9 AIE PACAH PADAN

Diki, Heriwan and Wirnita, Eska and Syafni, Gustina Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 9 AIE PACAH PADAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 9 Aie Pacah Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2014) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran Jigsaw yang dikemukakan oleh Istarani (2016). Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN 9 Aie Pacah Padang, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara undian, sehingga didapatkan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 orang siswa dan kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 19 orang. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada akhir kegiatan penelitian. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 11,139 dan ttabel = 3,808 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran jigsaw memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas VB semester II SDN 9 Aie Pacah Padang. Kata kunci: Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 02:30
Last Modified: 23 May 2023 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item