PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEINDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI08 ENAM LINGKUNG

Fadillah, Annisa and Niniwati, Niniwati and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEINDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI08 ENAM LINGKUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 08 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 08 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor nilai akhir Matematika ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian ini terlihat bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pada kelas Eksperimen yang menggunakan model Index Card Match. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,6 dan 72,73 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung lebih besar dari t(0,05;37) setelah dianalisis diperoleh thitung = 2,211 > t(0,05;37) = 2,026, maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika siswa. Untuk itu disarankan pada guru kelas saat belajar Matematika untuk dapat menerapkan model Index Card Match dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Index Card Match, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 02:43
Last Modified: 23 May 2023 02:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13660

Actions (login required)

View Item View Item