PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIRS SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 05 JARUAI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG

FRIMARNI, SELVIA and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIRS SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 05 JARUAI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (195kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pairs Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “Randomized control group only design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 05 Jaruai Kec.Bungus Teluk Kabung Kota Padang yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling.Pemilihan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara undian didapatkan kelas IVA sebagai Eksperimen dan kelas IVB sebagai kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan variansi homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,04 dan 75,44 pada kelas kontrol.Hasil analisis data secara statistik diperoleh nilai sig = 0,001‹ 0,05 (α = 0,05), maka H₀ ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Think Pairs Shareterhadap hasil belajar IPA siswa. Untuk itu disarankan pada guru IPA untuk dapat menerapkan modelThink Pairs Share dalam proses Pembelajaran. Kata kunci: Model Think Pairs Share, Hasil Belajar IPA, Penelitian Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 03:28
Last Modified: 23 May 2023 03:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item