Harika, Nurwinda Gustiani and Yusrizal, Yusrizal and Syafni, Gustina Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V DI SDN 27 OLO LADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER, DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V, DP.pdf Download (146kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Scramble terhadap hasil belajar PKn kelas V di SDN 27 Olo Ladang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah True Experimental Design yaitu Posttest -Only Control Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 27 Olo Ladang Padang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang cara pengambilan sampelnya menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk objektif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model Scramble dengan kelas kontrol yang menggunkan motode Konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = jumlah nilai 1705 dengan rata-rata nilai 85,25, kontrol = jumlah nilai 835 dengan rata-rata 75,91) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel (2,17 > 2,04). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Scramble berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN 27 Olo Ladang Padang. Kata Kunci : Model Scramble, Hasil Belajar PKn
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 23 May 2023 03:49 |
Last Modified: | 23 May 2023 03:49 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13664 |
Actions (login required)
View Item |