Hesty, Nadila and Muhammad, Sahnan and Darwianis, Darwianis (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANTALKING STICKTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn DI SD NEGERI 01 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
Cover, dll.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab v, dp.pdf Download (236kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh dari model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN 01 Lubuk Alung Tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SDN 01 Lubuk Alung pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 70 orang yaitu kelas VA 25 orang, VB 23 orang dan VC 22 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling , sampel diambil berdasarkan pertimbangan peneliti dengan mengamati nilai rata-rata ujian tengah semester I tahun ajaran 2017/2018 pada kedua kelas yaitu pada kelas VB rata-ratanya 65,13 sedangkan kelas VC rata-ratanya 66,40. Berdasarkan pertimbangan peneliti didapatkan hasil ujian tengah semester I tahun ajaran 2017/2018 siswa yang tuntas didalam pembelajaran PKn lebih banyak terdapat pada kelas VC. Kelas VC dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas VB dijadikan sebagai kelas eksperimen. Hasil belajar pada ranah kognitif dilihat dari tes akhir penelitian. Sehingga diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (rata-rata 91,30), kelas kontrol (rata-rata 81,81). Data dalam penelitian berupa tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t. hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung 2,77 dan thitung 2,017. Setelah dilakukan perbandingan maka thitung > ttabel (α 0,05) dengan demikian H1 diterima . Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN 01 Lubuk Alung. Model talking stick bermanfaat mampu menguji kesiapan siswa, melatih keterampilan siswa , mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat dan melatih pola pikir siswa secara kritis dan kreatif. Jadi dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa yang digunakan terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.oleh sebab itu diharapkan pada guru untuk dapat menggunakan model talking stick, sebagai salah satu model dalam pembelajaran PKn di seluruh tingkat sekolah dasar. Kata kunci : Pembelajaran PKn, Talking Stick, Hasil Belajar i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 23 May 2023 04:07 |
Last Modified: | 23 May 2023 04:07 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13666 |
Actions (login required)
View Item |