Indah, Novia Indra and Yetty, Morelent and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 24 PARUPUK TABING PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BABI.pdf Download (788kB) |
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (297kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 24 Parupuk Tabing, Padang tahun pelajaran 2017/2018. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori yang dikemukakan oleh Huda (2014) tentang model pembelajaran CIRC, selanjutnya dikemukakan oleh Susanto (2014) tentang hasil belajar, dan Tarigan (2013) tentang membaca. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 24 Parupuk Tabing yang berjumlah 45 orang siswa dan sampel penelitian adalah kelas Va berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan Vb berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan butir soal yang berjumlah 20 soal. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 24 Parupuk Tabing, siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model CIRC sebesar 82,82 dan siswa kelas kontrol sebesar 71,30 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 23 May 2023 07:53 |
Last Modified: | 23 May 2023 07:53 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13670 |
Actions (login required)
View Item |