PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 03 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

Kemal, Ramdan and Dainur, Putri and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 03 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (157kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

jaran The Learning Cell terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Teori tentang model pembelajaran The Learning Cell adalah teori Istarani (2012:228), teori membaca oleh Rahim (2009:2) dan Gusnetti (2014:1), penelitian eksperimen oleh Lufri (2005:60). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 48 orang siswa, yang terbagi ke dalam dua rombel yaitu kelas VA dan kelas VB, dengan menggunakan Total Sampling didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar Bahasa Indonesia ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Dari hasil pengumpulan data tersebut diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,54 dan kelas kontrol sebesar 70,21. Hasil itu menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh thitung = 1,838 dan ttabel = 1,683. Jadi, thitung > ttabel maka hipotesis H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran The Learning Cell terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Melihat hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran The Learning Cell dapat diterapkan dan dikembangkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-Kata Kunci : The Learning Cell, Hasil Belajar Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 07:58
Last Modified: 23 May 2023 07:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13671

Actions (login required)

View Item View Item