PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N 20 KURAO PAGANG

Khalid, Faisal and Erman, Har and Zulfa, Amrina (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N 20 KURAO PAGANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (184kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development(penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri ini dikembangkan dengan menggunakan four-D models, namun tahap dessiminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V-B SDN 20 Kurao Pagang untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas modul yang dikembangkan.Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 91,90%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,76%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,49%. Pembelajaran menggunakan modul yang telah dikembangkan dinyatakan efektif dengan ketuntasan klasikal 87,50% dan rata-rata hasil belajar 83,33. Kata Kunci : Modul Berbasis Inkuiri, Valid, Praktis dan Efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 08:03
Last Modified: 23 May 2023 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13672

Actions (login required)

View Item View Item