Khalid, Faisal and Erman, Har and Zulfa, Amrina (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N 20 KURAO PAGANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (184kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development(penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri ini dikembangkan dengan menggunakan four-D models, namun tahap dessiminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V-B SDN 20 Kurao Pagang untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas modul yang dikembangkan.Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 91,90%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,76%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,49%. Pembelajaran menggunakan modul yang telah dikembangkan dinyatakan efektif dengan ketuntasan klasikal 87,50% dan rata-rata hasil belajar 83,33. Kata Kunci : Modul Berbasis Inkuiri, Valid, Praktis dan Efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 23 May 2023 08:03 |
Last Modified: | 23 May 2023 08:03 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13672 |
Actions (login required)
View Item |