PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 55 AIR PACAH

Nofriadi, Elkas and Pebriyenni, Pebriyenni and Zulfa, Amrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 55 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (217kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SDN 55 Air Pacah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah Padang pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV.A sebanyak 21 orang siswa dan siswa kelas IV.B sebanyak 16 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata 76,0 dan kelas kontrol nilai rata-rata 64,1). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;34) (2,53> 2,03) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diteima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SDN 55 Air Pacah Padang. Dengan demikian model pembelajaran Contextual Teaching and Learning diharapkan supaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 02:24
Last Modified: 24 May 2023 02:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13684

Actions (login required)

View Item View Item