PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 03 BINUANG KAMPUANG DALAM KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Novia, Dwi Putri and Dainur, Putri and Hidayati, Azkiya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 03 BINUANG KAMPUANG DALAM KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (257kB)
[img] Text
FLL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair checks terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD N 03Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang tahun pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung Dalam Tahun Ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 BinuangKampung Dalam dengan jumlah 58 orang siswa, yang terbagi kedalam dua rombel yaitu kelas VA dan kelas VB, Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive didapatkan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 87,9 dan 76,5 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil uji t data yang telah dilakukan diperoleh thitung (3,9) > t(0,95,56) (1,672), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pair Checksterhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 03 Untuk itu disarankan pada guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan model Pair Checksdalam proses Pembelajaran. Kata kunci : pembelajaran, pair checks, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 02:39
Last Modified: 24 May 2023 02:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13686

Actions (login required)

View Item View Item