PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 15 SUNGAI GERINGGING PADANG PARIAMAN

Novrisa, Arma and Wirnita, Eska and Syafni, Gustina Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 15 SUNGAI GERINGGING PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (132kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya hasil belajar siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran yaitu hanya menekankan pada hafalan dan mencari satu jawaban yang benar terhadap soal-soal yang diberikan. Siswa masih sulit berbicara di depan kelas karena kurang percaya diri untuk mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia terutama keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 15 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dengan jumlah 25 siswa dan kelas V B dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini adalah hasil kemampuan berbicara dan hasil tes hasil belajar bahasa Indonesia. Rata-rata kemampuan berbicara kelas eksperimen adalah 87,6 dan kelas kontrol adalah 67,3. Berdasarkan analisis uji t hasil belajar Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 5,139 dan nilai signifikansi 0,000. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan yang signifikan hasil nilai post test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN 15 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Kata kunci: model pembelajaran think pair and share, hasil belajar, bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 06:02
Last Modified: 24 May 2023 06:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13693

Actions (login required)

View Item View Item