PENGARUH TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 05 MANINJAU KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM

Putri, Suci Rahmadani and Yetty, Morelent and Hidayati, Azkiya (2018) PENGARUH TEKNIK PENGAMATAN OBJEK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 05 MANINJAU KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (181kB)
[img] Text
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pengamatan objek langsung terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 05 Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam tahun pelajaran 2017/2018.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tarigan (2008) pembelajaran menulis, Rokhmansyah (2014) pembelajaran puisi, dan Suyatno (2014) teknik pengamatan objek secara langsung. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Costest-only Control Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 05 Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam yang berjumlah 34 orang. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen terdiri dari 18 orang dan kelas kontrol terdiri dari 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk tes menulis puisi. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui rubrik dalam menulis puisi. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t karena data berdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengamatan objek langsung adalah 80,56 dan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan rata-rata adalah 72,37 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) sehingga diperoleh thitung 2,47 >ttabel 2,04 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil dari pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa teknik pengamatan objek langsung memiliki pengaruh yang signifikan sehingga nilai rata-rata siswa meningkat keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 05 Maninjau Kec. Tanjung Raya Kab. Agam. Kata kunci: teknik pengamatan objek langsung, kemampuan menulis puisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 06:19
Last Modified: 24 May 2023 06:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13714

Actions (login required)

View Item View Item