PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN 55 AIR PACAH KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG

Rabmaneli, Rabmaneli and NURHAMI, NURHAMI and Yulfia, Nora (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN 55 AIR PACAH KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (163kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Popusasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Padang pada tahun ajaran 2017/2018. Sebanyak 45 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel mengunakan random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan mengunakan uji hipotesis, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Dari analisis data hasil belajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,42 dan nilai rata-rata kelas kontrol 74,79 dengan tarafuji statistik (α = 0,05) diperoleh thitung =2.085 dan ttabel =2,017 berarti ݄ ݐMݐngL ൐ ݐݐth݁gǡ maka hipotesis Hͳ diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang. model pembelajaran Student Facilitator and Explaining memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar PKn siswa, maka hendaklah guru dapat menggunakan model pembelajaran ini. Kata Kunci : PKn, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 06:39
Last Modified: 24 May 2023 06:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13719

Actions (login required)

View Item View Item