PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 50 KURANJI KOTA PADANG

Reza, Devi Hidayat and Fazri, Zuzano and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 50 KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover- bab i.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (130kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 50 Kuranji Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajar matematika dan untuk membuktikan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan pembelajaran tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 50 Kuranji yang terdiri dari 2 kelas. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengacakan. Kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb sebagai kelas kontrol. Pertanyaan penelitian peningkatan aktvitas belajar matematika siswa cukup baik dengan rata- rata persentase 48,85%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t karena data berdistribusi normal dan varians homogen. Rata- rata hasil tes akhir matematika siswa pada kelas eksperimen 79,81 dan kelas kontrol 72,00 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh thitung = 1,727 dan t(0,95:52) = 1,674 karena thitung > t(0,95:52) maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu penulis menyarankan guru dapat menggunakan pembelajaran tipe Course Review Horay sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mengarahkan pada pemahaman materi dalam belajar. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, course review horay, aktivitas, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 07:19
Last Modified: 24 May 2023 07:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item View Item