PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 08 SURAU GADANG PADANG

Ronal Pujianta, Pujianta and Syofiani, Syofiani and Syafni, Gustina Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V SDN 08 Surau Gadang Kota Padang tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran scramble adalah mencocokkan kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang telah disediakan sesuai dengan soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 08 Surau Gadang Kota Padang tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 08 Surau Gadang dengan jumlah 52 orang siswa, yang terbagi ke dalam dua rombel yaitu kelas VA dan kelas VB, dengan menggunakansampling jenuh didapatkan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar Bahasa Indonesia ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Dari hasil pengumpulan data tersebut diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,69 dan kelas kontrol sebesar 72,27. Hasil itu menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh thitung = 2,69 dan ttabel = 1,67. Jadi, thitung > ttabel pada tingkat kepercayaan 95%. Sehingga hipotesis H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang Kota Padang. Melihat hasil penelitian ini, maka model pembelajaran scramble dapat diterapkan dan dikembangkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-Kata Kunci : Scramble, hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 May 2023 03:27
Last Modified: 25 May 2023 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item