PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BINUANG KAMPUANG DALAM KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Sespa, Melda Putri and Dainur, Putri and rona, taula Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BINUANG KAMPUANG DALAM KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (264kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Small Group Work terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III di SD N 03 Binuang Kampuang Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang tahun pelajaran 2017 2018.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 03 Binuang Kampuang Dalam tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 03 Binuang Kampuang Dalam dengan jumlah 52 orang siswa, yang terbagi ke dalam dua rombel yaitu kelas IIIA dan kelas IIIB, Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive didapatkan kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,26 dan 65,96 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil uji t data yang telah dilakukan diperoleh thitung (2,07) > t(0,95,35) (1,67), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Small Group Work terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN03 Binuang Kampuang Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. Disarankan pada guru Bahasa Indonesia untuk dapat menerapkan model Small Group Work dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran, Small Group Work, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2023 02:30
Last Modified: 29 May 2023 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item View Item