PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN 14 SUNGAI SIRAH KECAMATAN SUTERA PESISIR SELATAN

Sherly, Novita and NURHARMI, NURHARMI and Zulfa, Amrina (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDN 14 SUNGAI SIRAH KECAMATAN SUTERA PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, BAB I.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (369kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswadanmengetahui perbedaanhasilbelajarPKnsiswakelas III SDN 14 Sungai SirahKecamatanSuteraPesisir Selatan melalui model pembelajaranCooperative Scriptdanmetodekonvensional. Jenispenelitianiniadalaheksperimen.Variabelbebaspadapenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranCooperative ScriptterhadappembelajaranPKnpadakelaseksperimendanpembelajarankonvensionalpadakela skontrol, variabelterikatadalahhasilbelajarPKnsedangkanvariabel moderator adalahmotivasibelajarPKn. Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III SDN 14 Sungai SirahKecamatanSuteraPesisir Selatan padatahunpelajaran 2017/2018.Sebanyak 51 orang siswadipilihsebagaisampel yang ditentukandengantekniktotal sampling. Data yang dianalisisdalampenelitianiniadalahhasilangketmotivasidanskorhasilbelajarPKnranahkognitif yang dikumpulkanmelaluitesobjektif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivas ibelajarsiswadanperbedaan model pembelajaranCooperative ScriptterhadaphasilbelajarPKn di kelas III SDN 14 Sungai SirahKecamatanSuteraPesisir Selatan. Hal inidapatdilihatdariperolehan rata-rata motivasikelaseksperimensebesar 82,38% dankelaskontrolsebesar 66,76%.untuk rata-rata hasilbelajarkelaskontrol (eksperimen=72,1 ≥ kontrol 65,2 danhasilujihipotesismenggunakanuji-t denganthitunglebihbesardarittabel (thitung=1,71 ≥ ttabel=1,69). Makadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaandengan rata-rata motivasibelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripada rata-rata kelaskontrol.Dan padahasilbelajarterdapatperbedaankelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Makakela seksperimen yang menggunakan model Cooperative Scriptlebihbaikdaripadametodekonvensionalkelaskontrol. Kata-kata kunci :PenelitianEksperimen, Cooperative Script, MotivasidanHasil Belajar, PKn. UNI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2023 02:42
Last Modified: 29 May 2023 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13762

Actions (login required)

View Item View Item