PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD N 05 ALANG RAMBAH TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Tinah, Emilda and NURHAMI, NURHAMI and Zulfa, Amrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD N 05 ALANG RAMBAH TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (209kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PenelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyaaktivitasdanhasilbelajarPKnsiswakelas III SD N 05 AlangRambahTapanKabupatenPesisir Selatan.TujuanpenelitianiniadalahuntukmelihatperbedaanaktivitasbelajarPKndan menjelaskanperbedaanhasilbelajarPKnsiswa yang pembelajaranmenggunakan modelpembelajaranCourse Riview Horaydenganmetodekonvensionalpadasiswakelas III di SD N 05 AlangRambahTapanKabupatenPesisir . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimendengan model pembelajaranCourse Riview Horaydenganpopulasiseluruhsiswakelas III SD N 05 AlangRambahTapanKabupatenPesisir yang terdiridari 2 kelas. Kelas III-B sebagaikelaseksperimendankelas III-A sebagaikelaskontrol.Ujihipotesisdilakukandenganuji t karena data berdistribusi normal danvarianhomogen.Rata-rata persentaseaktivitasdenganmenggunakan model pembelajaranCourse Review Horaysebesar 40,55%sedangakandikelaskontoldenganmetodekonvensionaldenganjumlah ratarata persentasesebesar 25,35%terdapat perbedaan aktivitas belajar PKn siswa kelas III SD N 05 Alang Rambah Tapan Kabupaten Pesisir Selatan selama diterapkan model pembelajaran Course Riview Horay dengan metode konvensional.Rata –rata hasiltesakhirsiswapadakelaseksperimen 70,48dankelaskontrol 63,62 dengantarafujistatistiksehingga diperoleh thitung =1,87 dan ttabel= 1,66. dengan demikian H1 diterima.Berdasarkanhasilpenelitiantersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak, artinya hasil belajar PKn siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional pada kelas III B SD N 05 Alang Rambah Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Kata Kunci :Aktivitas, HasilBelajar, PembelajaranCourse Riview Horay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2023 03:04
Last Modified: 29 May 2023 03:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item