PENGARUH MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD ISLAM IBNU SYAM

Zikra, Cahayu Putri and M., Tamrin and Ade, Sri Madona (2018) PENGARUH MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD ISLAM IBNU SYAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (229kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model word square terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Islam Ibnu Syam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Islam Ibnu Syam dan sebagai kelas sampel yaitu siswa kelas V.B 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V.A 21 orang sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model word square dengan kelas kontrol yang menggunkan motode konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen=jumlah nilai 1860 dengan rata-rata nilai 77,60 kontrol=jumlah nilai 1450 dengan rata-rata 69,04) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-tmenunjukkan thitung > ttabel (2,488>1,915).Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model word square berpengaruh terhadap hasil belajarsiswa kelasV SD Islam Ibnu Syam. Kata Kunci :Penelitian Eksperimen, Model Word Square, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 30 May 2023 03:24
Last Modified: 30 May 2023 03:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13795

Actions (login required)

View Item View Item