PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 50 KURANJI KOTA PADANG

Aelving, Septivani and Muhammad, Sahnan and Arlina, Yuza (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 50 KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (171kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada ranah Kognitif pada pembelajaran IPS di SDN 50 Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan posttest only control deseign terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 50 Kuranji Kota Padang tahun ajaran 2016/2017. Teknik yang dipakai untuk pengambilan sampel adalah teknik Purposif Sampling. Kelas Va sebagai kelas ekssperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir betuk tes yang digunakan berbentuk objektif dengan reliabilitas tes r11 0,715. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,31 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 72,5. Dari hasil uji coba hipotesis diperoleh Thitung > Ttabel = 1911 > 168. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS di SDN 50 Kuranji Kota Padang Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Inside Outside Circle

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:17
Last Modified: 13 Jul 2023 02:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item