Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Think Talk Write di Kelas V SDN Teluk Bayur Padang

ANDRI, EKA PAKSI and Gusnetti, Gusnetti and Hidayati, Azkiya (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Think Talk Write di Kelas V SDN Teluk Bayur Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (158kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas berbicara dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model Think Talk Write di kelas V SDN 31Teluk Bayur, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 31 Teluk Bayur, yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aspek guru dalam pembelajaran, tes hasil belajar ranah kognitif siswa dan kamera. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I dengan rata-rata 69 dengan presentase ketuntasan 55% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 76.75 dengan presentase dengan presentase ketuntasan sebesar 85% dan meningkat pada siklus II menjadi 79,75. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas berbicara siswa, diperoleh persentase aktivitas berbicara siswa pada siklus I 69,99% meningkat menjadi 87,49% pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 55% dan meningkat pada siklus II 85%. Hal ini berarti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas berbicara dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 31 Teluk Bayur. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Think Talk Write dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas berbicara dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, bahasa Indonesia, think talk write

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:25
Last Modified: 13 Jul 2023 02:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item