PENGARUH STRATEGI LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 20 LUBUK ALUNG

Elisa, Sri Rahayu and Pebriyenni, Pebriyenni and M., Tamrin (2017) PENGARUH STRATEGI LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 20 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (123kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 20 Lubuk Alung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V sebanyak 60 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas V-A sedangkan kelas kontrol V-B. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis Hasil penelitian siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Listening Team memliki rata-rata hasil belajar 80,58 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 75,58 maka didapatkan thitung=4,26 dan ttabel dimana 1,67 dengan demikian thitung>ttabel hal ini berati H1 diterima pada taraf nyata α 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Listening Team memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajara IPS siswa kelas V SDN 20 Lubuk Alung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Penelitian Eksperimen, Strategi Listening Team, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:49
Last Modified: 17 Jul 2023 01:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item View Item