PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH PADANG

Elvita, Sari and Fazri, Zuzano and Ira, Rahmayuni Jusar (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- DP.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih Padang yang berjumlah 63 siswa. Langkah pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menguji kesamaan rata-rata kedua sampel dan didapatkan kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata Matematika siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,77 dan nilai rata-rata kelas kontrol 72,19 dengan taraf uji statistik (α =0,05) diperoleh ������ = 2,202 dan ������ = 1,669 berarti � ����� > ������, maka hipotesis H� diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih Padang yang pembelajarannya menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Melihat pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa, maka hendaklah guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran ini. Kata Kunci : realistic mathematics education, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:06
Last Modified: 17 Jul 2023 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item View Item