PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 10 GANTING PADANG

Febi, Andriani and Yetty, Morelent and Muhammad, Sahnan (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 10 GANTING PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (153kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menulis siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran concept sentence di SD Negeri 10 Ganting Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, teori yang digunakan sebagai acuan adalah teori menurut Sugiyono (2009:72) . Bentuk desain eksperimen yang penulis gunakan adalah teori menurut Sugiyono (2015:116) yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sedangkan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 10 Ganting Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 54 orang siswa yang dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh menurut Sugiyono (2015:124). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia antara penerapan model pembelajaran concept sentence dengan hasil belajar menulis siwa pada pembelajaran bahasa Indonesia penerapan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat terlihat dari perolehan ratarata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 81.11 dan kontrol = 68,52) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji –t, dengan thitung < ttabel (thitung 0,184355< ttabel 1,67356). Maka H0 diterima H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa antara penerapan model pembelajaran concept sentence dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 10 Ganting Padang tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci : concept sentence, hasil belajar menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:32
Last Modified: 17 Jul 2023 02:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14095

Actions (login required)

View Item View Item