PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 22 SUNGAI LANSEK KABUPATEN SIJUNJUNG

Fitra, Neliza and NURHARMI, NURHARMI and Yulfia, Nora (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 22 SUNGAI LANSEK KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian “randomized control group posttest only design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 22 Sungai Lansek yang berjumlah 40 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B yang cara pengambilan sampelnya menggunakan sampling Purposive. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian uji statistik. Hasil penelitian pada tes hasil belajar PKn siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar PKn pada kelas eksperimen yaitu sebesar 83,5 dan pada kelas kontrol yaitu 76,5. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,21 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Kata Kunci: Group Investigation, Hasil Belajar PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:57
Last Modified: 17 Jul 2023 02:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item